IHal ini disampaikan oleh Kholid Muhammad, penasihat senior Kementerian Lingkungan Hidup saat menyampaikan program-program kementerian dalam forum pelatihan kepala sekolah, guru PAI dan bahasa Arab tingkat nasional. Rabu, 9 Mei 2018 di Purwokerto.

Pelatihan ini digelar oleh Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah. Pelatihan yang merupakan tindak lanjut dari kesepakatan dalam Rakernas MPP pada dua pekan sebelumnya.

Kholid mengatakan bahwa Al Irsyad merupakan ormas yang paling cepat dalam menyambut program-program kementerian. Bahkan langsung menggerakan seluruh sekolah Al Irsyad se Indonesia untuk mengikuti program sekolah adwiyata dan program-program lainnya.

“Saya mendukung Al Irsyad menjadi Pelopor Gerakan Hijau di Indonesia. Sekolah Al Irsyad juga menjadi juru dakwah dalam perpektif lingkungan hidup,” ucap Kholid disambut tepuk tangan para peserta.

Kholid juga menanyakan sekolah mana saja yang siap ikut program adiwiyata dan semua kepala sekolah langsung menyambut dengan acungan jari tanda siap. Bahkan beberapa sekolah sudah menjadi sekolah adiwiyata tingkat propinsi dan nasional.

Direncanakan dalam pelatihan ini, setiap kepala sekolah akan mendesain program kerja sekolah yang satu diantaranya agar dapat menjadi sekolah ramah lingkungan. Program kerja ini disesuaikan dengan standar yang telah disusun oleh MPP.