REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan Masjid Al Irsyad Al Islamiyyahdi Rutan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sabtu (12/5). Masjid yang terletak di dalam rutan wanita Pondok Bambu tersebut memiliki dua lantai dan mampu menampung sekitar 200 jamaah.

“Saya berharap dengan telah dibangunnya Masjid Al Irsyad Al Islamiyyah ini dapat bermanfaat bagi para warga di rutan ini,” ujar Anies dalam sambutannya di Rutan Wanita Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sabtu (12/5).

Dia berharap, dengan didirikannya masjid Al-Irsyad, warga binaan mampu merasakan sensasi kenyamanan dan kekhusyukan saat beribadah. Dia juga berharap, masjid ini juga mampu mempererat interaksi antar warga binaan sehingga tercipta ukhuwah Islamiyah yang erat.

“Kami berharap masjid ini bisa menjadi tempat yang sejuk dalam menjalankan ibadah mengaji, shalat, meningkatkan keimanan dan menjalin ukhuwah islamiyyah,” harap Anies.

Dalam sambutannya, Anies juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh Al Irsyad Al Islamiyyah dalam berikhtiar, yaitu dengan membangun tempat-tempat ibadah umat Islam di tempat pembinaan seperti di dalam rutan wanita pondok bambu. Dia juga berharap masjid Al-Irsyad bukan hanya menjadi pusat kegiatan agama, tapi juga kegiatan sosial.

“Ikhtiarnya harus ditiru. Banyak ruang-ruang di dalam pemerintahan yang bisa dikerjasamakan untuk kegiatan sosial dan masyarakat, salah satunya membangun masjid,” tutur Anies.

Semoga masjid ini tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tapi juga pusat kegiatan masyarakat dan bagian dari usaha masyarakat untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Selain itu, Anies juga mendoakan agar masjid seluas 250 meter persegi itu dapat berfungsi optimal seperti masjid pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang bukan hanya digunakan untuk beribadah.

“Tapi juga pusat pendidikan, kegiatan sosial, dan pelatihan bela diri,” ujarnya.

Perlu diketahui, pembangunan Masjid Al-Irsyad ini memakan waktu yang cukup singkat. Sejak didirikan pada Maret 2018 lalu, masjid ini telah rampung dan sudah aktif digunakan bulan ini dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan.

“Insya Allah dengan selesainya pembangunan masjid ini, dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah terlebih dalam menyambut bulan Ramadhan nanti,” kata Ketua Pengurus Besar Wanita Al Irsyad Fahimah Askar.