Oleh : Irvan Sungkar

Program Kerja menjadi komponen penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Di dalam sebuah organisasi terdapat program kerja yang dimana program ini telah disusun sedemikian rupa untuk dilaksanakan, sehingga membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Dengan adanya program kerja maka setiap anggota atau team yang melakukan pekerjaan dapat bekerja secara lebih efektif dan terstruktur.

Program Kerja adalah susunan rencana kegiatan yang telah di rancang dan disepakati bersama untuk dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, Program Kerja disebut juga agenda kegiatan yaitu suatu rencana kegiatan organisasi yang dibuat untuk mencapai tujuan.

I. Tujuan Umum Program Kerja

1.Membantu pencapaian Visi dan Misi
Jika program kerja dilaksanakan secara baik maka organisasi akan menjadi efektif dalam menjalankan kegiatannya, sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi tersebut yang sudah tertuang dalam visi dan misi organisasi.

2.Membantu menjawab Kebutuhan Organisasi
Program kerja yang terencana dan tepat akan memberikan solusi bagi semua persoalan yang dihadapi oleh organisasi, baik itu persoalan yang datangnya dari dalam maupun dari luar organisasi. Sehingga organisasi dapat membuat strategi yang tepat untuk memecahkan persoalan sehingga targetnya dapat tercapai dgn baik dan sempurna.

3.Membantu Organisasi bekerja secara sistematis dan terstruktur
Dengan program kerja yang baik, maka dapat membantu setiap anggota pada organisasi bekerja secara sistematis dan tersrtuktur, sehingga kinerja organisasi dapat meningkat dan dapat dipertanggungjawabkan.

II. Manfaat Program Kerja

1.Memunculkan rasa kebersamaan di dalam Organisasi
Setiap anggota organisasi akan memiliki rasa kebersamaan dan sifat ukhuwwah dalam melakukan kegiatannya. Karena perencanaan Program kerja telah disepakati bersama, sehingga tujuan organisasi menjadi tujuan bersama juga.

2.Memunculkan rasa tanggungjawab terhadap tugas masing masing
Dengan program kerja yang telah disepakati bersama, maka setiap anggota pada organisasi akan memiliki rasa tanggungjawab terhadap tugasnya masing masing. Dengan setiap anggota memiliki rasa tanggungjawabmaka dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.

3.Citra Baik Organisasi akan terbangun
Pihak yang berada diluar organisasi seperti masyarakat, dan seluruh stekholder akan melihat bahwa organisasi tersebut bekerja secara efektif, terstruktur, dan berprilaku baik dalam menjalankan tugasnya, sehingga membuat citra organisasi tersebut semakin baik.

C. Sifat Program Kerja sebuah Organisasi

1.Bersifat Continue
2.Bersifat Insidental
3.Bersifat disesuaikan dengan kondisi yang akan datang

D. Tahap Penyusunan Program Kerja

Berikut adalah tahapan dan hal hal yang harus diperhatikan dalam menyusun suatu program kerja :

1.Analisis
Melakukan Analisa dan mendiskusikan bersama terhadap hal hal yang dianggap penting, sehingga perlu diutamkan dalam membuat program kerja yang nantinya akan dilaksankan untuk mencapai tujuan organisasi.

2.Ide Dasar/Gagasan
Menentukan ide/gagasan dasar untuk program kerja yang akan disusun. Dalam merumuskan ide dan gagasan untuk program kerja harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan terkoneksi dengan design lembaga kedepan.

3.Tujuan
Menetapkan tujuan yang akan diwujudkan melalui program kerja yang disusun. Tujuan ini harus sesuai dengan ide dan gagasan dasar yang ditentukan dan realistis dengan persoalan yang dihadapi kedepan.

4.Team Kerja
Penting sekali menentukan team kerja dalam menjalankan program. Dibutuhkan konseptor dan pelaksana dalam menyusun dan menjalankan program sehingga dapat terlaksana dengan sistematis dan terarah.

Demikian…semoga bermanfaat.

Wassalam