Tidak kurang 30 biker berkunjung ke masjid yang didirikan dan dikelola oleh Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Masjid Fathimatuzzara. Sabtu siang, 8 Oktober 2022. Rupanya rombongan biker ini tak sekadar turut Sholat Dhuhur berjamaah, namun dalam rangka silaturrahmi bertajuk Silaturride Chapter 3 Bikers Muslim Indonesia (BMI) yang diikuti para biker dari Jakarta, Bekasi, Bandung, Malang, dan Surabaya.

Agenda Silaturride cukup istimewa, para biker yang dipimpin langsung oleh H. Abu Albani Ketua Umum BMI ini diisi zikir, tadarus, hingga qiyamullail. Termasuk mengikuti kajian yang diselenggarakan Masjid Fathimatuzzahra.

“Hubungan Al Irsyad dan BMI telah terjalin saat kita sama-sama membantu korban gempa di Lombok tepatnya di Sembalun. Saat itu kami membangun sumur bor untuk 16 desa sedangkan Al Irsyad membangun rumah bagi korban gempanya sebanyak 500 rumah tinggal,” terang H. Abu Albani.

“Saat ini kami dipersilahkan Al Irsyad untuk melihat lebih dalam lagi. Kami bermalam dan beribadah di salah satu masjid terbaik kepunyaan Al Irsyad Al Islamiyyah di Purwokerto,” tambahnya.

Selepas Maghrib, para biker ini berkesempatan mengikuti kajian bertema Adab Safar yang diisi oleh Ustadz Ibnu Rochi Syakiran, Lc. ulama Al Irsyad sekaligus staff Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah. Lalu paginya mengikuti kajian bersama Ustaz Abdul Manan, Lc. Ulama sekaligus guru PAI di sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Alhamdulillah, kami dikunjungi oleh para biker yang saleh, yang pantang kendor beribadah dalam aktivitas tur lintas provinsi yang pastinya melelahkan,” terang Ustaz Qomaruddin, S.Sos. Humas LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Menurutnya, perjumpaan ini membawa kebahagiaan bagi sesama organisasi yang peduli kepada pembinaan akhlak ummat. Apalagi BMI dan Al Irsyad pernah bekerjasama dan sama-sama aktif dalam kegiatan sosial peduli masyarakat.

Berkunjung ke Sekolah

Ahad paginya (9/10), agenda Silaturride ini dilanjutkan dengan berkunjung ke lokasi SMP dan SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Rombongan disambut oleh Ustaz Faizul Munif, S.Si., Kepala SMAIT dan Ustaz Dani Kurniawan, S.Pd.Si, Wakil Kepala SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Hadir pula tim Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto, Ustaz Dr. Alex Nanang Agus Sifa, M.Pd. Wakil Mudir AABS, Ustaz Kuswanto, S.Pd.SD. salah satu senior di SDGC (Student Development and Guidance Center), Ustaz Budiono, S.Pd., Wakil Kepala SMA Boarding, Ustaz Mujiono, S.Pd. Wakil Kepala SMP Boarding.

“Alhamdulillah, kami juga bertatap muka langsung dengan segenap pengurus sekolah Al Irsyad, juga mendengarkan penjelasan tentang Al Irsyad Boarding yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia,” ucap H. Abu Albani saat ramah tamah di sekolah.

Kesempatan di sekolah ini lalu dimanfaatkan untuk saling mengenal program-program unggulan, sembari mendiskusikan tema-tema populer yang dikaitkan dengan perkembangan anak didik pada umumnya, seperti safety riding, pembinaan adab berkendara, dan peluang-peluang kerjasama antar organisasi.

“InsyaAllah kami sangat senang sekali bisa berperan nantinya bahu membahu dengan Al Irsyad dalam acara-acara selanjutnya. Kami bangga bisa mengenal secara langsung organisasi Islam tertua di Indonesia ini, Al Irsyad Al Islamiyah,” pungkasnya.[]