Ciledug – Cirebon, Laznas Al-Irsyad Cirebon gelar Launching Program “Zakat Untuk Guru Ngaji”, bertempat di salah satu TPQ daerah Pamitran, Kejaksan Kota Cirebon. Jum’at, 1 Mei 2020. Dihadiri oleh pengurus Laznas Al-Irsyad Cirebon, dan secara resmi dibuka oleh Ketua Dewan Syariah sekaligus Ketua PC Al-Irsyad Kota Cirebon, yakni Ustadz Said Ba’umar. Acara dimulai dengan tausiyah singkat, disertai ajakan dari Ketua Dewan Syariah untuk semuanya dapat turut mendukung program mulia ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ustadz Luthfan Abdurahman Basalamah selaku Ketua Laznas Al-Irsyad Cirebon. Sabtu, (2/5).

“Program ini bertujuan untuk memuliakan guru ngaji, dimana Rasulullah menyematkan sebagai sebaik-baiknya pekerjaan/ manusia adalah orang yg belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. Dan saat ini, dengan adanya pandemi Covid-19, menyebabkan sekolah/ madrasah terpaksa diliburkan sementara waktu, sehingga penghasilan mereka cukup menurun drastis. Kami menyadari, mereka yg berprofesi sebagai guru ngaji dan senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an adalah orang-orang luar biasa. Walaupun dengan penghasilan yang mungkin pas-pasan, namun mereka tetap memiliki izzah dan tidak mungkin mengharapkan belas kasih orang lain.” Kata Ustadz Luthfan.

Ustadz Luthfan lanjut menyampaikan, “Untuk itu, harapannya Laznas Al-Irsyad bisa menjadi pioner untuk menjadi perantara muzaki dalam menyalurkan zakatnya kepada mereka.”

Dihari yang sama, Laznas Al-Irsyad Cirebon mulai menyalurkan zakat untuk guru ngaji tersebut salah satunya melalui Koordinator Qiroati Cirebon Raya.

“Penyaluran zakat untuk guru ngaji perdana dilakukan juga pada saat kemarin, diserahkan secara simbolis oleh Ketua Dewan Syariah Laznas Al-Irsyad Cirebon kepada Koordinator Qiroati Cirebon Raya, Ustadzah Cicih. Yang membawahi 250 lebih guru ngaji di Cirebon Raya.” ujar Ustadz Luthfan.

Ini merupakan penyaluran perdana, Laznas Al-Irsyad akan melaksanakan penyaluran zakat untuk guru ngaji pada tahap selanjutnya.

“InsyaAllah penyaluran berikutnya akan diberikan kepada jejaring guru-guru ngaji di Kota/ Kabupaten Cirebon, dan khususnya untuk yang telah banyak bekerja sama dengan Al-Irsyad dalam mendidik dan membina ummat. Karena Laznas Al-Irsyad Cirebon sendiri merupakan lembaga sosial berbasis ormas islam yang menjadi 1 wadah bersama seluruh pimpinan cabang Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang berada di Cirebon Raya.” tutur Ustadz Luthfan.

Ustadz Luthfan kembali menuturkan, “Penggalangan zakat ini akan dilaksanakan hingga akhir Ramadhan.” Bagi muhsinin yang ingin menyalurkan kewajiban ZAKAT dan INFAQ dapat melalui Rekening Zakat : Bank Syariah Mandiri 8080909013 a.n. Laznas Al-Irsyad Cirebon.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat, untuk sedikitnya dapat membantu meringankan saudara-saudara kita yang luar biasa ini.” tutup Ustadz Lutfan.