Oleh: Irvan Sungkar

Team work bisa diartikan sebagai kerja tim atau sering kita sebut kerja bersama. Team work merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai visi dan misi yang sudah disepakati sebelumnya, dan untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien.

Kekuatan Team Work
Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama. Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari team work. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu. Bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda. Maka sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas adalah segalanya.

Point-point Teamwork yang Perlu Diperhatikan:
a. Team work adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.
b. Sama-sama bekerja bukanlah team work, itu adalah kerja individual.
c. Filosofi team work: saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
d. Ketika berada dalam team work, segala ego pribadi, sektoral, Merasa mampu harus disingkirkan.
e. Dalam team work yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
f. Keragaman individu dalam team work memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
g. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
h. Jika setiap orang bekerja sama via bidang masing-masing, target lembaga/organisasi pasti akan segera terealisasi.
i. Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama atau lembaga bermuara kemana?
j. Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam team work yang akan mempercepat proses pencapaian target.
k. Kendalikan ego, kepentingan kelompok saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada tdk ada nya team work.
l. Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
Ingatlah selalu bahwa: ‘Tsiqoh (saling kepercayaan adalah modal besar dlm membangun team work)’

Jika team work tidak berjalan maka akan terdapat Implikasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata implikasi berarti akibat. Kata implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya dlm tulisan ini adalah manajerial atau manajemen.

Maka jika terdapat banyak kelemahan dalam team work, sudah dipastikan tujuan dan cita-cita bersama akan tidak berhasil.

Dalam sebuah teori, keberhasilan team work dalam sebuah managemen akan berpengaruh besar diantaranya:

  1. Team akan memandang bahwa pekerjaan/amanah adalah lahir karena hati yg ikhlas, dan suasana yg baik dan menyenangkan.
  2. Akan lahir rasa memiliki komitmen pada tujuan utk melakukan pengarahan dan pengendalian diri dgn qudwah yg hanif.
  3. seseorang yang biasa-biasa saja dapat belajar menjadi luar biasa, sehingga sanggup menyelesaikan seluruh tanggung jawab.
  4. Akan memiliki kreativitas yaitu kemampuan untuk membuat ide dan gagasan yg menggerakkan semua dan membuat keputusan bersama yang baik.

Maka jika hal diatas tidak muncul dalam individu dan team maka kegagalan demi kegagalan akan selalu hadir dan memperlambat langkah besar kita.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam